Ini Pesan Steven Kandouw saat Safari Ramadan di Kotamobagu

Wagub Sulut Steven Kandouw saat foto bersama

 

ManadoPost.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw menghadiri buka puasa bersama dalam agenda Safari Ramadan Pemprov Sulut di masjid Al-Munawar kelurahan Molinow, kecamatan Kotamobagu Barat, Kotamobagu, Kamis (21/3/2024).

 

Wagub Steven merasa bersyukur boleh bertemu berbagai elemen masyarakat, termasuk Penjabat Walikota, Asripan Nani dan jajaran, Forkopimda Kota Kotamobagu hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat.

 

Dirinya mengenang agenda Safari Ramadan Pemprov Sulut pada tahun 2017 yang diselenggarakan di bumi Totabuan tepatnya Kabupaten Bolmut. Kandouw mengungkapkan ceramah salah satu tokoh agama kala itu ternyata menjadi inspirasi bagi Pak Gubernur Olly Dondokambey untuk menciptakan slogan Sulut, Torang Samua Ciptaan Tuhan.

 

“Mari di momen Bulan Puasa ini kita tunjukkan apa sebenarnya iman dan takwa kita sebagai seorang Muslim,” ujarnya.

 

Dia mengungkapkan, ada seorang penulis yang berkata “jangan kau terangkan tentang Islam terhadap saya, tunjukkan saja tindakan dan perbuatan anda”. Maknanya yakni jangan banyak berteori, jangan banyak berkata-kata tapi yang utama adalah tindakan serta dengan keyakinan bawah momen bulan suci Ramadan ini semua doa yang dipanjatkan didengar oleh Allah Swt.

Baca juga:  Pelaku Curanmor yang Beraksi di Malalayang Satu Timur Dibekuk Polisi

 

Steven Kandouw mengatakan tidak bisa dipungkiri, proses panjang pelaksanaan Pemilu baik Pilpres dan Pilcaleg menimbulkan sekat-sekat di antara masyarakat. Namun bulan puasa in menjadi momentum yang tepat untuk menghilangkan sekat-sekat tersebut.

 

Untuk itu, Wagub mengajak masyarakat Kota Kotamobagu untuk terus menjaga kerukunan yang merupakan keunggulan Sulawesi Utara.

 

“Saya jujur sampaikan Kota Kotamobagu menjadi role model kerukunan di Sulawesi Utara bahkan Indonesia,” imbuhnya.

 

Figur bersahaja ini mengimbau masyarakat di bumi Totabuan khususnya Kotamobagu untuk benar-benar mengimplementasikan ungkapan mototompiaan, mototabian, bo mototanoban yang artinya saling memperbaiki, saling menyayangi, dan saling mengingatkan. Mengakhiri sambutannya Wagub Steven mengingatkan tentang pentingnya peningkatan sumber daya manusia lewat sektor pendidikan. Memerangi parkawinan dini, juga pengangguran. Selain itu juga mendorong peningkatan sektor pertanian dimana sektor ini menjadi keunggulan dari Bumi Totabuan di dalamnya Kota Kotamobagu.

Baca juga:  Terduga Pengedar Ribuan Butir Trihexyphenidyl Sempat Melarikan diri Usai Digrebek Polisi

 

“Fakta membuktikan nilai tukar petani setiap tahun semakin meningkat. Mari torang dorong terus pertanian,” tandas dia.

 

Steven Kandouw turut menyerahkan bantuan program PERKASA bagi pekerja keagamaan, pembagian 200 sajadah dan 200 kacamatan. Ada pula pelaksanaan program pasar murah dari Pemprov Sulut kerja sama pihak terkait.

 

Dalam kunjungan Safari Ramadan di Kotamobagu, Wagub Steven menyempatkan diri berburu takjil. Kedatangan orang nomor dua di Sulut tersebut membuat heboh pengunjung pusat jajanan takjil di Kotamobagu.

(*/Tim MP)