Rinny Tamuntuan: Pemanfaatan Anggaran Sesuai Kebutuhan Prioritas

Tahuna, MANADOPOST.COM – Penjabat Bupati Kabupaten Sangihe dr Rinny Tamuntuan menekankan empat hal penting dalam acara Forum Perangkat Daerah 2023.

Di katakan Rinny, pelaksanaan forum perangkat daerah memiliki arti penting dalam rangka mengawal kepentingan dari aspirasi masyarakat yang terangkum dalam hasil musrembang kecamatan.

“Kepada para kepala perangkat daerah agar betul-betul memperhatikan program kegiatan secara proporsional sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tegasnya Jumat (22/03/2024).

Lebih lanjut, kata dr Rinny perencanaan harus dapat memberikan arahan bagi peningkatan pengembangan sosial ekonomi dan kemampuan masyarakat.

“Dengan keterbatasan kemampuan keuangan daerah kita semua dapat menyikapi permasalahan ini dengan menyusun rencana kerja perangkat daerah yang lebih komprehensif dengan memanfaatkan anggaran yang tersedia secara optimal, efisien, dan efektif,” jelasnya.

Baca juga:  Pemprov Sulut Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Kenaikan Beras

Selain dari pada itu, ia meminta perangkat daerah untuk cermat dalam alokasi dan penggunaan anggaran agar benar-benar di manfaatkan sesuai dengan prioritas yang tepat menurut kondisi dan kebutuhan.

“Saya mengharapkan kepada para camat agar dapat memperhatikan dengan seksama arah kebijakan program dan kegiatan perangkat daerah serta dapat memberikan masukan dan solusi dalam mengatasi persoalan yang ada di wilayah kecamatan,” sebutnya mengingatkan.

Selain itu, ia juga meminta kepala perangkat daerah benar-benar mengenali potensi di wilayah agar pemanfaatan anggaran dalam APBD, APBN, Swasta serta swadaya masyarakat efektif.

Baca juga:  Polisi Mediasi Dua Kelompok Pemuda di Banjer Manado yang Terlibat Tarkam

“Saya minta kepada seluruh peserta forum perangkat daerah dapat mengikuti rangkaian kegiatan secara serius hingga selesai,” tukasnya di ruang serba guna rumah jabatan bupati.

(*/Tim MP)