Polsek Tuminting Berhasil Selesaikan Konflik Kelompok Anak Muda di Sumompo

Dokumentasi saat selesai mediasi

ManadoPost.com – Personel Polsek Tuminting berhasil melakukan mediasi dan penyelesaian masalah antara dua kelompok anak muda yang terlibat dalam sebuah insiden pemukulan di Kelurahan Sumompo, Lingkungan 3, Kecamatan Tuminting, Kota Manado. Peristiwa ini terjadi akibat kesalahpahaman yang kemudian memicu ketegangan hingga berujung pada aksi kekerasan, Senin (20/5/2024).

Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait melaluui Kasi Humas Ipda Agus Haryono menjelaskan bahwa pihaknya segera mengambil tindakan cepat begitu menerima laporan mengenai kejadian tersebut. “Kami langsung mendatangi lokasi kejadian dan mengamankan situasi. Selanjutnya, kami mengumpulkan semua pihak yang terlibat untuk melakukan mediasi,” ujarnya .

Dalam upaya penyelesaian masalah ini, Polsek Tuminting menerapkan pendekatan problem solving yang efektif. Mediasi dilakukan di kantor Polsek Tuminting dengan menghadirkan kedua belah pihak yang terlibat. Setelah melalui proses diskusi yang panjang dan mendalam, akhirnya kedua kelompok sepakat untuk menyelesaikan permasalahan ini secara damai.

Baca juga:  Polres Tomohon Jaring 68 Pelanggar di Hari Kedua Operasi Keselamatan Samrat 2024

“Alhamdulillah, kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan damai. Mereka sepakat untuk tidak saling keberatan dan membuat pernyataan resmi yang menyatakan bahwa mereka tidak akan melanjutkan konflik ini,” tambah Ipda Agus Haryono. Pernyataan damai ini ditandatangani oleh perwakilan kedua kelompok di hadapan personel Polsek Tuminting.

Penyelesaian damai ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya dialog dan mediasi dalam menyelesaikan konflik. Ipda Agus Haryono juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan menyelesaikan setiap masalah dengan cara yang damai dan tanpa kekerasan.

Dengan adanya kesepakatan damai ini, diharapkan situasi keamanan dan ketertiban di Kelurahan Sumompo, khususnya Lingkungan 3, dapat kembali kondusif. Polsek Tuminting juga akan terus memantau perkembangan di wilayah tersebut untuk memastikan tidak ada konflik lanjutan yang terjadi.

Baca juga:  Pentingnya Pencegahan Korupsi, Rinny Tamuntuan Hadiri RDP oleh KPK

“Kami berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Tuminting. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua,” pungkasnya.

(*/Tim MP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *