Dandim Bitung Ikuti Apel Komandan Satuan Tersebar TNI AD di Kodam XIII/Merdeka

MANADO,MANADOPOST.COM- Komandam Kodim (Dandim) 1310/Bitung Letkol Czi Hanif Tupen mengikuti kegiatan Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tersebar Kodam XIII/Merdeka, Selasa (21/5/2024) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tersebar Kodam XIII/Merdeka TA 2024 ini mengambil tema “Melalui Apel Dansat Kodam XIII/Merdeka Kita Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Guna Mewujudkan Pertahanan Yang Tangguh Untuk Indonesia Maju di Wilayah Kodam XIII/Merdeka”.

Kegiatan tersebut dibuka dan dipimpin langsung oleh Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dan dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, para Danrem jajaran Kodam XIII/Merdeka, Pjs Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama dan para Komandan Kodim (Dandim) serta Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Dalam amanatnya, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya menyampaikan, bahwa pelaksanaan Apel Komandan Satuan TNI AD Tersebar Kodam XIII/Merdeka tahun 2024 merupakan forum bagi para Dansat jajaran Kodam XIII/Merdeka dalam meyakinkan pemahaman para Dansat terhadap pokok pokok kebijakan Pimpinan TNI AD, termasuk di dalamnya kebijakan Pimpinan Kodam XIII/Merdeka, serta meningkatkan peran dan profesionalisme para Dansat dalam pembinaan satuan.

Baca juga:  Pangdam Tutup Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam XIII/Merdeka

“Apel Dansat Tersebar Kodam XIII/Merdeka ini bertujuan untuk membangun komunikasi dua arah, antara Pimpinan dengan para Komandan Satuan secara langsung,” kata Pangdam.

Dikatakan Pangdam, melalui tema apel Komandan Satuan, dibutuhkan komitmen dari para Dansat untuk mengoptimalkan pembinaan satuan demi mewujudkan satuan dan prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif (PRIMA) sehingga siap operasional mendukung tugas pokok TNI AD khususnya Kodam XIII/Merdeka.

“Kesiapsiagaan dan kesiapoperasionalan suatu satuan sangat tergantung dari proses pembinaan satuan yang baik dan benar,” ujar Candra Wijaya.

Oleh karenanya, Pangdam XIII/Merdeka berharap para Dansat harus mampu menjadi contoh dan tauladan yang baik bagi para prajuritnya, dengan menumbuhkan kepedulian, kepekaan, integritas dan komunikasi yang intensif antara pemimpin dengan yang dipimpin.

“Disini peran seorang Dansat diuji, apakah saudara saudara mampu memaksimalkan potensi pengetahuan dan kemampuan yang saudara miliki serta mampu membuat kebijakan pembinaan satuan yang terbaik yang dapat mengoptimalkan potensi satuan,” tandas mantan Danpussenarhanud itu.

Baca juga:  Pangdam Merdeka Ingatkan Prajurit Kodim 1310/Bitung Agar Memegang Teguh Netralitas TNI Dalam Pemilu 2024

Sementara itu, Dandim 1310/Bitung Letkol Czi Hanif Tupen menyampaikan, kegiatan Apel Komandan Satuan ini bertujuan untuk menyatukan visi dan misi juga sebagai pedoman dalam penugasan selanjutnya guna mendukung tugas pokok Kodam XIII/Merdeka khususnya Korem 131/Santiago.

“Pada Apel Dansat ini kami para peserta diberikan pembekalan dan paparan dari para narasumber diantaranya paparan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut, Bawaslu Provinsi Sulut, Kapolda Sulut terkait Judi Online, pengantar dari Aster Kasdam XIII/Merdeka, Dandim 1305/BT terkait upaya Manunggal Air Swadaya dan praktek singkat tentang penggunaan HT Motorola Lex 11 dan sejenisnya,” ujar mantan Danyonzipur 19/Yudha Karya Nyata itu. (Regwilnnlhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *