Pangdam Buka Apel Dansat Tersebar Kodam XIII/Merdeka

MANADO,MANADOPOST.COM– Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya memimpin Apel Komandan Satuan (AKS) Tersebar jajaran Kodam XIII/Merdeka, Selasa (21/5/2024) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Adapun tema kegiatan Apel Dansat tahun 2024 ini adalah melalui Apel Dansat Kodam XIII/Merdeka Kita Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Guna Mewujudkan Pertahanan Yang Tangguh Untuk Indonesia Maju di Wilayah Kodam XIII/Merdeka.

“Melalui tema apel Komandan Satuan, dibutuhkan komitmen dari para Dansat untuk mengoptimalkan pembinaan satuan demi mewujudkan satuan dan prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif (PRIMA) sehingga siap operasional mendukung tugas pokok TNI AD khususnya Kodam XIII/Merdeka,” kata Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, Selasa (21/5/2024) saat membuka kegiatan apel Dansat Kodam XIII/Merdeka.

Pangdam menjelaskan bahwa, apel Dansat Tersebar Kodam XIII/Merdeka ini bertujuan, untuk membangun komunikasi dua arah, antara Pimpinan dengan para Komandan Satuan secara langsung. Selain itu guna meyakinkan pemahaman para Dansat terhadap pokok pokok kebijakan Pimpinan TNI AD, termasuk di dalamnya kebijakan Pimpinan Kodam XIII/Merdeka, serta meningkatkan peran dan profesionalisme para Dansat dalam pembinaan satuan.

“Kegiatan apel Dansat ini untuk menjamin kesiapsiagaan dan kesiapan operasionalan suatu satuan, yang sangat tergantung dari proses pembinaan satuan yang baik dan benar,” kata Pangdam.

Baca juga:  Buka Rapat Pimpinan Daerah FKPPI Sulut, Ini Yang Disampaikan Kasdam XIII/Merdeka

Pangdam juga mengingatkan kepada para Dansat agar mampu menjadi contoh dan tauladan yang baik bagi para prajuritnya, dengan menumbuhkan kepedulian, kepekaan, integritas dan komunikasi yang intensif antara pemimpin dengan yang dipimpin.

“Disini peran seorang Dansat diuji, apakah saudara saudara mampu memaksimalkan potensi pengetahuan dan kemampuan yang saudara miliki serta mampu membuat kebijakan pembinaan satuan yang terbaik yang dapat mengoptimalkan potensi satuan,” ujar mantan Kadispenad tahun 2018-2020 itu.

Mantan Danpussenarhanud itu
juga menambahkan bahwa, komitmen pembinaan satuan harus terus kita pegang teguh, guna memantapkan dan meningkatkan kualitas satuan melalui kepemimpinan yang efektif dan efesien.

“Untuk itu ikuti seluruh rangkaian kegiatan apel Dansat ini dengan penuh semangat dan motivasi, agar dapat terwujud Komandan Satuan yang profesional, berwawasan dan adaptif,” pungkas perwira tinggi TNI-AD yang sejak 21 Februari 2024 mengemban amanat sebagai Panglima Komando Daerah Militer XIII/Merdeka itu.

Untuk diketahui, kegiatan Apel Komandan Satuan (AKS) Tersebar Kodam XIII/Merdeka merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Kodam XIII/Merdeka, selain itu juga tindak lanjut dari Apel Komandan Satuan (AKS) TNI Angkatan Darat yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Bali Nusa Dua Convention satu bulan yang lalu.

Baca juga:  Gelar Razia Polsek Pelabuhan Amankan 275 Liter Miras

Kegiatan yang dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, Pjs Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama dan para Komandan Kodim (Dandim) serta Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam XIII/Merdeka, menghadirkan para narasumber dalam pembekalan yaitu dari Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan tentang Judi Online, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara dan Bawaslu Provinsi Sulut. (Regwilnnlhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *