Polsek Tuminting Gelar Kegiatan Inovatif Guna Tingkatkan Keamanan dan Kebersamaan

Jalannya kegiatan Inovatif untuk tingkatkan keamanan

ManadoPost.com – Dalam upaya meningkatkan keamanan dan kebersamaan di lingkungan masyarakat, Polsek Tuminting melaksanakan serangkaian kegiatan inovatif di Kelurahan Mahawu Lingkungan 3, Kecamatan Tuminting. Kegiatan yang berlangsung pada akhir pekan ini meliputi program inovasi dor to dor, baronang, bapontar, pokdar, dan Sambang Wilayah.

Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait melalui Kasi Humas Ipda Agus Haryono, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat serta mendengarkan langsung aspirasi dan keluhan mereka terkait situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

“Kami ingin membangun komunikasi yang lebih baik antara polisi dan warga. Melalui program ini, kami bisa mengetahui langsung masalah yang dihadapi warga dan mencari solusinya bersama-sama,” ujarnya.

Program inovasi dor to dor melibatkan kunjungan langsung ke rumah-rumah warga untuk memberikan penyuluhan tentang keamanan, serta mengingatkan pentingnya kerjasama dalam menjaga lingkungan. Sementara itu, Baronang (Bhayangkara Ronda Sambang) bertujuan meningkatkan patroli malam guna mengurangi tindak kriminalitas di wilayah tersebut.

Baca juga:  Benny Rhamdani Ingatkan 4K bagi Pekerja Migran Indonesia

Bapontar merupakan inisiatif baru yang melibatkan pemantauan di titik-titik rawan kejahatan dengan bantuan teknologi dan partisipasi aktif masyarakat. Dalam kegiatan Pokdar warga diajak untuk berpartisipasi dalam kelompok diskusi yang membahas strategi peningkatan keamanan lingkungan.

Kegiatan Sambang Wilayah yang dilakukan oleh anggota Polsek Tuminting juga menekankan pentingnya interaksi dan hubungan baik antara polisi dan masyarakat. Pada kesempatan tersebut, warga diajak berdialog mengenai berbagai permasalahan yang ada di lingkungan mereka.

Warga Kelurahan Mahawu Lingkungan 3 menyambut baik kegiatan ini. “Kami merasa lebih aman dan terlindungi dengan adanya kegiatan ini. Polisi jadi lebih dekat dengan warga dan kami bisa langsung melaporkan jika ada masalah,” ungkap salah satu warga.

Baca juga:  Relawan Gemoy Voor Steven Kandouw Peduli Korban Bencana Erupsi Gunung Ruang

Dengan kegiatan-kegiatan inovatif ini, Polsek Tuminting berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman, nyaman, dan harmonis bagi seluruh masyarakat di Kecamatan Tuminting.

(*/Tim MP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *