Indeks

Tim Dalproggar Kodam Tinjau Pembangunan Rumah Prajurit di Zidam XIII/Merdeka

MANADO,MANADOPOST.COM– Zeni Daerah Militer (Zidam) XIII/Merdeka menerima kunjungan tim Pengendalian Program Kerja dan Anggaran (Dalproggar) Kodam XIII/Merdeka, Rabu (22/5/2024) di Mazidam XIII/Merdeka.

Kunjungan tim Dalproggar Kodam XIII/Merdeka yang berjumlah tujuh orang ini yang diketuai oleh Waasrendam XIII/Merdeka Letkol Czi Dirjakiat Mudzakir didampingi Mayor Arm Johansa, Serka Hadi, Serda Fariz, Serda Bagus, Serda Felix dan Pratu Martheon itu disambut langsung Kazidam XIII/Merdeka Letkol Czi Dwi Joko Siswanto didampingi Wakazidam XIII/Merdeka Letkol Czi Indra beserta para pejabat teras Zidam XIII/Merdeka.

Zidam XIII/Merdeka merupakan salah satu Badan Pelaksana (Balak) di Kodam XIII/Merdeka yang bertugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi Zeni baik daerah pertempuran maupun daerah pangkalan, sehingga satuan ini dapat diklasifikasikan sebagai satuan bantuan tempur dan satuan bantuan administrasi dalam rangka pelaksanaan tugas pokok Kodam XIII/Merdeka.

Kazidam XIII/Merdeka Letkol Czi Dwi Joko Siswanto mengatakan, kegiatan kunjungan tim Dalproggar Kodam XIII/Merdeka ke satuan Zidam XIII/Merdeka bertujuan untuk memonitoring pelaksanaan program kerja dan anggaran. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pengakhiran program, dengan tujuan untuk memperoleh daya dan hasil guna yang optimal serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara administrasi.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menilai atau mengukur pencapaian program kerja dan anggaran di satuan Zidam XIII/Merdeka,” kata Joko.

Dikatakannya, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk menyamakan persepsi terhadap segala kendala dan hambatan dalam pelaksanaan program kerja.

“Apabila nanti nya ditemukan adanya kesalahan akan segera dilakukan perbaikan, guna meningkatkan kinerja dan daya serap satuan,” ujar mantan Kepala Bidang Jamin Mutu Internal LPM Akmil itu.

Ditambahkannya, saat ini ada 11 program swakelola yang sedang dirintis oleh Zidam XIII/Merdeka, yaitu Kompi Bantuan Yonif 712/Wiratama, Kompi C Yonzipur 19/Yudha Karya Nyata, Kompi Markas Yonif 713/Satya Tama, Kompi Markas Yonif 715/Motuliato, Kompi Markas Yonarmed 19/Bogani, Kodim 1309/Manado, Kodim 1310/Bitung, Kodim 1304/Gorontalo, Kodim 1306/Palu, Kodim 1307/Poso dan Secata Bitung Rindam XIII/Merdeka.

“Ini merupakan tindak lanjut program kesejahteraan yang dijalankan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak,” tandas mantan Dandim 1601/ Sumba Timur.

Sementara itu, Waasrendam XIII/Merdeka Letkol Czi Dirjakiat Mudzakir mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu metode pengendalian untuk melaksanakan tindakan korektif serta mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan program dan anggaran yang telah ditetapkan sehingga pelaksanaannya lebih efektif dan efisien serta tepat sasaran sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain itu, untuk melihat sejauh mana kinerja satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka dalam merealisasikan program kerja dan anggaran dalam mendukung tugas pokok satuan.

“Ini merupakan salah satu upaya Kodam XIII/Merdeka dalam melakukan pengawasan terhadap kualitas dan kemajuan pekerjaan pembangunan serta renovasi perumahan prajurit di lingkungan Kodam XIII/Merdeka,” kata Dirja.

Pada saat peninjauan, Dirja juga menyampaikan beberapa penekanan yang harus diperhatikan, diantaranya waspadai kualitas bangunan yang sedang dikerjakan agar tidak terjadi kendala di kemudian hari khususnya saluran pembuangan atau parit, serta pekerjaan pokok segera dikejar dan diselesaikan minimal sesuai dengan grafis yang disajikan.

“Kami telah kontrol pembangunan yang ada di Zidam XIII/Merdeka, diharapkan keberadaan tim Dalproggar Kodam XIII/Merdeka ini mampu membantu memberikan masukan dan perbaikan kepada satuan yang menjadi objek maupun pimpinan, guna mengambil keputusan yang tepat pada pelaksanaan kerja dan anggaran kedepannya” ujar mantan Pabandya Anev Srendam XIII/Merdeka itu.

Dalam kesempatan itu, tim Dalproggar Kodam XIII/Merdeka meninjau pembangunan rumah prajurit tipe 45 sebanyak 70 KK di Kompleks eks Yonif 712/Wiratama yang saat ini sementara dikerjakan oleh PT.Assalah Karya Perkasa.

Kemudian rombongan meninjau renovasi rumah dinas yang ada di Yonzipur 19/Yudha Karya Nyata sebanyak 10 KK yang awalnya rumah tersebut tipe 38 kini menjadi tipe 45, saat ini pengerjaannya dilakukan oleh CV Aqita Gemilang.

Selain itu, tim Dalproggar Kodam XIII/Merdeka juga mengunjungi Markas Batalyon 19/Yudha Karya Nyata untuk melihat pembangunan kantor Kompi yang sudah selesai pengerjaannya serta melihat prasarana yang ada.

Untuk diketahui, pengendalian program kerja dan anggaran merupakan salah satu tahapan dari proses manajemen di lingkungan TNI Angkatan Darat khususnya Kodam XIII/Merdeka yang dilaksaksanakan terhadap program kerja dan anggaran. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan efektivitas dan efesiensi kegiatan, sehingga diharapkan akan diperoleh keterpaduan data hasil pencapaian kegiatan dan penghitungan anggaran pada pelaksanaan program dan anggaran TNI AD.

Selain itu juga untuk membantu para pimpinan satuan dalam mencapai, mengukur dan memancarkan sejauh mana pelaksanaan tugas serta fungsi yang telah dilaksanakan oleh stafnya sesuai dengan program yang telah disusun berdasarkan kebijakan pimpinan TNI AD. (Regwilnnlhy)

 

Exit mobile version