Respon Cepat, Polsek Lolayan Sambangi TKP Tanah Longsor dan Pohon Tumbang

TKP Bencana tanah longsor

ManadoPost.cok – Polsek Lolayan menunjukkan respons yang cepat dan efektif terhadap kejadian tanah longsor dan pohon tumbang yang terjadi di ruas jalan raya antara Desa Tungoi Dua dan Desa Tanoyan Utara tepatnya Jln. AKD Gn.Tumuyu Desa Tapa Aog Kecamatan Lolayan. Kejadian ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir, yang membuat tanah menjadi tidak stabil, Kamis (11/07/2024).

Kapolsek Lolayan, IPTU Joubert B. Anes SE, segera memimpin anggotanya untuk mendatangi lokasi kejadian setelah menerima informasi. Langkah pertama mereka adalah mengamankan area dan bersama-sama dengan masyarakat sekitar, melakukan upaya pembersihan manual terhadap tanah dan pohon yang menutupi jalan. Meskipun upaya ini terbatas karena jumlah tanah yang besar, kehadiran Polsek Lolayan memberikan rasa aman kepada warga sekitar yang terdampak.

Baca juga:  Program Dapur Hidup, Rita Tamuntuan: Mari Kita Manfaatkan Setiap Potensi

Tidak hanya itu, Kapolsek Lolayan juga melakukan koordinasi yang efektif dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong. Langkah ini diambil untuk mendatangkan alat berat guna membuka akses jalan yang tertutup, sehingga memungkinkan kembali dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Penanganan yang cepat dan terkoordinasi ini meminimalisir gangguan terhadap aktivitas masyarakat dan arus transportasi di wilayah tersebut.

Selama proses penanganan kejadian, tidak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan materiil, yang menunjukkan efisiensi dalam tindakan preventif yang dilakukan oleh Polsek Lolayan. Para anggota Polri, termasuk Bhabinkamtibmas, juga aktif memberikan himbauan kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap potensi bahaya tanah longsor dan pohon tumbang di musim hujan yang sedang berlangsung. 

Baca juga:  Wagub Steven Bersama Forkopimda Salurkan Bantuan Erupsi Gunung Ruang

(*/Tim MP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *